Materi Pelatihan

Foto saya
eLearning Smart Invest - Mandiri Maju Jaya


RSS

Merubah Template

Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog dari sisi tampilan. Bagaimanapun pentingnya isi sebuah blog, kalo tampilan kurang menarik tentu kurang diminati, dan sebaliknya. beberapa rambu yang perlu diperhatikan dalam memilih template adalah elemen yang tersedia. Kolom dengan keleluasaan mengubahnya. Sekarang sangat banyak template yang disediakan di internet, baik yang bisa didapatkan secara gratis dan ada juga yang dapat dibeli.
Sedemikian template ini sudah sangat bervariasi sehingga blog sudah mendekati kemampuan website professional. Sebuah keunggulan blog dibanding website adalah bahwa untuk mengeditnya tidak diperlukan keterampilan web master yang terkenal rumit itu. Penyedia blog sudah mempersiapkan semuanya untuk para penggunanya.
Tampilan awal dari blog sebelum diganti templatenya adalah sebagai berikut :



 Tampilan seperti ini bisa diganti dengan berbagai template yang tersedia kapan saja Anda menginginkan. Anda bisa menemukan template blog secara online di internet diantaranya KLIK DISINI
Untuk berlatih ini kita coba menggunakan sebuah template Daya Earth 3 kolom seperti blog ini. Templatenya dapat di download di blogger template secara gratis. Untuk saat ini sudah disediakan dalam sebuah folder.
Pada Menu Tata Letak pilih menu Edit HTML
Beri tanda check pada :


Klik Browse untuk memilih file template yang sudah disediakan, atau yang sudah di download sebelumnya. Pada contoh ini disediakan di dalam subfolder  di bawah folder webtrain.








Sesaat sesudah tombol Unggah diklik, akan muncul konfirmasi seperti gambar di atas. Hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa fitur yang akan terhapus dengan penggantian template ini. Apabila kita menyetujui, klik  Konfirmasi Simpan. Apabila penyimpanan template baru berhasil kemudian klik Simpan Template dan pada bagian tengah layar akan muncul tampilan sebagai berikut


Apabila tidak berhasil menyimpan template, akan dilaporkan penyebab ketidak berhasilan. Hal ini umumnya disebabkan oleh template yang belum sempurna, atau sudah terjadi perbaikan yang tidak legal, mid\salnya pewnggunaan tag yang tidak ditutup. Untuk menelusuri kesalahan pada template dibutuhkan ketelitian dan sedikit pemahaman bahasa/kode HTML. Untuk sederhananya, lebih baik cari template lain yang sudah siap pakai.
Lakukan hal yang sama apabila Anda ingin mengganti template dengan model lain. Selalu saja ada kelemahan pada setiap template yang menyebabkan bagian tertentu dari Blog Anda akan hilang. Bagian yang dari blog yang menggunakan template lama tetapi tidak disupport oleh template yang baru akan dihapus. Tapi tidak usah khawatir posting (isi) blog Anda sedikitpun tidak akan terganggu. Bagian yang paling banyak mengalami perubahan, hilan dan sebagainya akibat perubahan template ini adalah widget, terutama widget khusus yang dibuat senf\diri oleh pemilik blog.
Permasalah yang biasa muncul dalam penggantian template adalah bahwa sebuah template tidak bisa dib\ganting langsung ke template baru. Jika hal ini terjadi, gantilah lebih dahulu template yang terpasa saat ini ke salah satu template standar yang disediakan Blogger. Kemudian dari template standar pengganti ini baru dirubah ke template pilihan Anda yang baru.







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar